Tentang Kami [Sejarah]

Sejarah Singkat

PT Pool Advista Finance, Tbk. dahulu bernama PT Indojasa Pratama Finance.

PT Indojasa Pratama Finance awal didirikan menjadi perusahaan yang terpercaya di sektor pembiayaan konsumen bidang otomotif. Perusahaan berdiri pada tanggal 21 Mei 2001 dengan nama PT Indojasa Finance berdasarkan akta yang dibuat dihadapan Paulus Widodo Sugeng Haryono S.H., Notaris di Jakarta, dan telah mendapatkan persetujuan dari Menkeh & HAM R.I. tanggal 9 Juli 2001 serta telah diumumkan dalam BNRI No.: 79, TBN No. 11836, tanggal 1 Oktober 2002.

Pada tahun 2002, Indojasa Finance memperoleh izin usaha sebagai Perusahaan Pembiayaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia berdasarkan SK Menkeu No.: 180/KMK.06/2002, tanggal 23 April 2002.

Pada tahun 2003, Indojasa Finance telah memasuki pasar modal dengan menerbitkan Obligasi pada 2003 senilai Rp. 40.000.000.000,- (Empat Puluh Miliar Rupiah) dengan nama Obligasi Amortitasi I Indojasa Pratama tahun 2003 dengan tingkat bunga tetap, dengan peringkat BBB+ (Triple B Plus) dari PT Kasnic Credit Rating Indonesia.

Bahkan saat itu, Indojasa Finance merupakan salah satu dari sedikit UKM yang berhasil menerbitkan dan mencatatkan obligasinya melalui pasar modal. Pada November 2008 seluruh hutang Obligasi tersebut sudah lunas.

Memasuki 2004, Indojasa Finance memperoleh izin pembukaan kantor cabang dari Menteri Keuangan RI, sehingga mempunyai 9 kantor cabang yang tersebar di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten berdasarkan SK Menteri Keuangan RI No.: Kep-034/KM.06/2004, tanggal 26 Januari 2004.

Pada kesempatan yang sama pula, nama Perusahaan berubah menjadi PT Indojasa Pratama Finance berdasarkan akta No. 6 tanggal 26 Oktober 2004, yang dibuat dihadapan Herlina Suyati Bachtiar, SH., MBA, Notaris di Jakarta, dan telah mendapat persetujuan dari Menkeh & HAM R.I. No.: C-27588.HT.01.04.TH.2004, tanggal 3 November 2004 serta telah diumumkan dalam BNRI No. 52, TBN No. 6892, tanggal 1 Juli 2005, dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan R.I. berdasarkan SK Menteri Keuangan No. Kep-398/KM.5/2005, tanggal 10 November 2005.

Atas kinerjanya sejak Perusahaan didirikan, Indojasa Finance memperoleh rating “Sangat Bagus” untuk kategori perusahaan pembiayaan dengan aset di bawah Rp. 100 miliar berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Biro Riset InfoBank, sebagaimana dimuat dalam majalah InfoBank No. 318, September 2005.

Hal yang sama juga terjadi pada tahun 2006. Indojasa Finance kembali memperoleh rating “Sangat Bagus” untuk kategori Perusahaan Pembiayaan Menengah (aset Rp. 100 miliar s/d Rp. Dibawah Rp. 1 triliun) dan menduduki peringkat ke-5 (kelima) terbaik berdasarkan hasil yang dilakukan Biro Riset InfoBank, sebagaimana dimuat dalam majalah Infobank No. 329, Agustus 2006.

Pada tahun yang sama Indojasa Finance juga berhasil menduduki peringkat ke-7 (ketujuh) terbaik sebagai perusahaan multifinance untuk kategori asset Rp. 100 – 250 Milyar versi majalah Investor Edisi No. 153, tanggal 22 Agustus – 4 September 2006.

Pada tahun 2007 Indojasa Finance kembali memperoleh rating “Sangat Bagus” kategori Perusahaan Pembiayaan Menengah (aset Rp. 100 Milyar s/d Rp. di bawah 1 triliun) dan menduduki peringkat ke – 7 (ketujuh) terbaik berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank, sebagaimana dimuat dalam majalah Infobank No. 341, Agustus 2007.

Pada tahun 2009 kembali menempatkan Indojasa Finance sebagai perusahaan pembiayaan dengan predikat “Sangat Bagus” kategori Perusahaan Pembiayaan Menengah (aset Rp. 100 Milyar s/d Rp. dibawah 1 triliun) dan menduduki peringkat ke – 13 (ketiga belas) terbaik berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank, sebagaimana dimuat pada majalah Infobank No. 265 Agustus 2009.

Atas berbagai kinerjanya itu menempatkan Indojasa Finance sebagai perusahaan pembiayaan konsumen otomotif terkemuka di Tanah Air dan juga tetap menjalankan komitmennya kepada bank-bank yang mendukung Indojasa Finance.

Dalam periode tahun 2013 hingga 2015 pemegang saham mengambil langkah konservatif dalam menghadapi situasi ekonomi Indonesia yang kurang baik yaitu menghentikan ekspansi bisnis baru secara total.  Perusahaan sejak awal hanya fokus di pembiayaan konsumen bidang otomotif khususnya kendaraan niaga yaitu pembiayaan truk yang usahanya di pengangkutan batu bara, pasir, dan kelapa sawit maka sejalan dengan memburuknya industri pertambangan dan perkebunan ,  para sopir-sopir pemilik truk sangat terkena dampaknya . Maka selama periode tersebut merupakan periode konsolidasi internal dengan mengambil kebijakan atau langkah-langkah strategis seperti mereview performance cabang-cabang, focus pada collections, review SDM, system dan prosedur, penerapan Good Corporate Governance, Risk Management, Compliance, Pengendalian Internal serta penerapan KYC. Dalam menghadapi situasi ekonomi yang kurang kondusif, perusahaan tetap menjaga komitmen kepada 17 kreditur yang telah mendukung perusahaan hingga saat ini.

Dalam mengukur kinerja perusahaan, Indojasa Finance merating perusahaan oleh PEFINDO pada tanggal 23 Desember 2015 dan memperoleh rating idBB yang menjadi tolak ukur kinerja Indojasa Finance atas usaha dalam melakukan konsolidasi selama periode 2013 hingga 2015. Walaupun mendapatkan rating idBB namun dapat dikatakan baik dan patut diberikan apresiasi karena dalam situasi perekonomian yang kurang baik dalam 2 tahun terakhir ini, Indojasa Finance tetap dalam katagori sehat.  Harapan Indojasa Finance dalam semester pertama dengan dukungan dari para kreditur maka perusahaan bisa mendapatkan minimal rating katagori investment grade.

Memasuki tahun 2016 dan sejalan dengan adanya perluasan kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan mengenai  Kegiatan Usaha dimana perusahaan pembiayaan dapat memberikan pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna dan juga diperbolehkan untuk kegiatan berbasis fee mencakup kegiatan untuk memasarkan produk-produk jasa keuangan antara lain, reksadana, asuransi, mikro atau produk-produk lain yang terkait dengan kegiatan jasa keuangan, perusahaan pembiayaan mempunyai potensi usaha yang luar biasa.  Indojasa Finance juga melakukan peningkatan modal dari Rp. 55.000.000.000,- (Lima Puluh Lima Milyar Rupiah)  menjadi hampir Rp. 255.000.000.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Lima Milyar Rupiah), sehingga perusahaan siap untuk mengembangkan bisnisnya.

Selain peningkatan infrastruktur, di tahun 2016 ini perusahaan telah siap menghadapi tantangan bisnis kembali dengan memindahkan kantor pusatnya dari Alam Sutera, tanggerang kembali ke Jakarta yaitu di Gedung Sentral Senayan 2, Jakarta serta mengkonsolidasikan beberapa cabang sesuai dengan fokus bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan POJK 29/2014 dan telah siap ekspansi ke sektor pembiayaan yang tujuannya investasi, modal kerja dan multiguna.

Sejak 2 November 2017, berubah nama menjadi PT Pool Advista Finance

Sekarang berkedudukan di Jakarta selatan.

2018 perusahaan melakukan corporate action dengan Go Public

 

Visi

Menjadi “Market Leader” perusahaan pembiayaan disektor PRODUKTIF untuk turut serta meningkatkan perekonomian nasional.

Misi

 

  1. Proaktif dan inovatif mencari dan memberikan solusi pembiayaan yang terbaik dengan fokus pada pembiayaan produktif.
  2. Memaksimalkan pelayanan kepada seluruh stakeholder .
  3. Membangun kepercayaan dari industri perbankan dan para kreditur.
  4. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai kompetensi dan integritas tinggi untuk mengelola perusahaan sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada seluruh stakeholder.

 

Tim Management

Dewan Komisaris

BUDI PURWANTO

BUDI PURWANTO

KOMISARIS UTAMA *saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK

Warga Negara Indonesia, lahir di Jakarta tanggal 16 Oktober 1969. Saat ini berusia 51 tahun dan berdomisili di Jakarta. Meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Trisakti (1994). Menjabat sebagai Komisaris Utama Perseroan sejak Juni 2020 berdasarkan RUPS tanggal 5 Juni 2020, saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK. Berbagai pengalaman kerja telah beliau dapatkan,antara lain Direktur PT. Dwimakmur Karya Investama (2017 – Sekarang), Komite Audit Independen PT. Trada Maritime Tbk, Komisaris Tresure Fund Investama, Komisaris Alpha EMS.

MARHAENDRA

MARHAENDRA

KOMISARIS *saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK

Warga Negara Indonesia, lahir di Pematang Siantar tanggal 21 Juni 1964. Saat ini berusia 56 tahun dan berdomisili di Jakarta. Menyelesaikan pendidikan Magister Management, Marketing di Universitas Trisakti Jakarta (2006). Menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak Juni 2020 berdasarkan RUPS tanggal 5 Juni 2020, saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK. Perjalanan karir beliau antara lain Komisaris Utama PT. Asuransi Jiwa Advista (2019 – Sekarang), Komisaris Utama PT. Pool Advista Sekuritas (2018 – Sekarang), Managing Director PT. Pool Advista Indonesia (2007 – Sekarang), Retail Equity Head CIMB Securities Indonesia (2014 – 2016), di Bank Mandiri pernah menjabat sebagai Auditor - Internal Audit Group, Team Leader - Internal Audit Group, Senior Team Leader - Internal Audit Group, Dept Head - Wholesale Banking Audit (1993 – 2014), dan di Mandiri Sekuritas pernah menjabat sebagai Division Head - Internal Audit, Division Head - Retail Operation Control, Branch Manager, Retail Equity Head - Off Line, Division Head - Settlement & Custody (2005 – 2014).

AHMAD SANTOSO

AHMAD SANTOSO

KOMISARIS *saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK

Warga Negara Indonesia, lahir di Malang tanggal 31 Maret 1973. Saat ini berusia 47 tahun dan berdomisili di Jakarta. Menyelesaikan pendidikan Sarjana jurusan akuntasni di Universitas Widya Karya (1995). Menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak Juni 2020 berdasarkan RUPS tanggal 5 Juni 2020, saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK. Perjalanan karir beliau antara lain Komisaris Independen PT. Karunia Multi Finance (2017 – Sekarang), Komisaris Independen PT. Cakrawala Citramega Multifinance (2015 – Sekarang), Komisaris Independen PT. Akulaku Finance Indonesia (2017– 2019), Komisaris PT Globalindo Multi Finance (2016 – 2017), Komisaris Independen PT. Dana Unico Finance (2015 – 2018), Komisaris Utama PT. Prioritas Raditya Multifinance (2012 – 2014), Direktur Utama PT. Mutiara Multi F inance (2011 – 2012), General Manager PT. Bukopin Finance (Subsidiary PT Bank Bukopin Tbk) (2005 – 2011), Direktur Operasional PT. Artamas Multi Finance (2002 – 2005), Finance Manager PT. Surya Putra Multi Finance (1996 – 2002), Akuntan Publik Auditor di Drs. Kanto Santoso, Tony & Co, (1995 – 1996), dan Manajemen Accounting Finance Manager (1993 – 1996).

Dewan Direksi

MUJOKO YANDRI PANJAITAN

MUJOKO YANDRI PANJAITAN

DIREKTUR UTAMA *saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK

Warga Negara Indonesia, lahir di Singkawang tanggal 22 Januari 1966. Saat ini berusia 54 tahun dan berdomisili di Jakarta. Meraih gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Darma Agung, Medan (1990). Menjabat sebagai Direktur Utama Perseroan sejak Juni 2020 berdasarkan RUPS tanggal 5 Juni 2020,saat ini dalam proses Fit and Propertest OJK. Berbagai pengalaman kerja telah beliau dapatkan, antara lain Head of Community Syariah CIMB Niaga Syariah Kantor Pusat Jakarta (2016 – 2019), Branch Manager KC Syariah Denpasar, Bali (2013 – 2016), Kepala Divisi Consumer Commercial Sales Distribution (CCSD) Group Unit Usaha Syariah untuk semua cabang seluruh Indonesia (2012 – 2013), Kepala Group Pembiayaan (2011 – 2012), Financial Consulting Perusahaan (2008 – 2011), Area Manager Wilayah Jawa Barat dan Branch Manager Bandung (2007), Branch Manager Bali Break Event Point (2004 – 2005), Wakil Branch Manager Padang Sidempuan (2003 – 2004), Account Officer / Manager Marketing Cabang Medan (2000 – 2003), Account Officer / Manager Penyelesaian kredit bermasalah Cabang Kalimalang, Bekasi (1998 – 2000), Pendidikan Muamalat Officer Development Angkatan V (1997 – 1998), Staff Operasional Cabang Kalimalang (1993 – 1997).

RADEN ARI PRIYADI

RADEN ARI PRIYADI

DIREKTUR

Warga Negara Indonesia, lahir di Bandung tanggal 29 September 1981. Saat ini berusia 37 tahun dan berdomisili di Jakarta. Meraih gelar Sarjana Ekonomi jurusan Pembangunan Keuangan – pasar modal di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (2006). Menjabat sebagai Direktur sejak 2015 berdasarkan Keputusan Surat OJK Nomor: KEP-35/NB.11/2016 tanggal 4 Februari 2016. Perjalanan karir beliau antara lain VP Business Development Treasure Fund Investama (2010 – 2015), Board of Committee di Asosiasi Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah – PKES (2012 – 2015), Mengelola aset Cipaganti Group yang diserahkan kepada Mitra Usaha (2014), Assistant Manager Corporate Funding PT Bank Mega Syariah (2008 – 2010), ODP – RO PT Bank OCBC NISP Tbk. (2006 – 2008), Relationship Manager PT Bank Commomwealth Indonesia (2006), dan agen properti PT Coldwell Bankers Associate (2002 – 2003).

ARFIANTO WIBOWO

ARFIANTO WIBOWO

DIREKTUR

Warga Negara Indonesia, lahir di Denpasar tanggal 20 Januari 1977. Saat ini berusia 41 tahun dan berdomisili di Jakarta. Meraih gelar Sarjana Teknik jurusan Teknik Mesin di Universitas Indonesia, Depok (2000) dan gelar Magister Manajemen jurusan Marketing di Universitas Indonesia, Depok (2005). Menjabat sebagai Direktur Independen Perseroan sejak 2018 berdasarkan Keputusan Surat OJK Nomor: KEP-285/NB.11/2018 tanggal 29 Maret 2018. Berbagai pengalaman kerja telah beliau dapatkan, antara lain Divisi Marketing Non Otomotif PT Verena Multi Finance Tbk. (2016 – 2018), National Sales Manager PT Verena Multi Finance Tbk. (2013 – 2016), Marketing Manager New Car area Jabodetabek PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (2010 – 2013), Fleet Sales Manager PT Toyota Astra Financial Services (2006 – 2010), Fleet Sales Area Head – Jawa Timur & Bali PT Astra Sedaya Finance (2005 – 2006), Fleet Sales Area Head – Jawa Tengah PT Astra Sedaya Finance (2004 – 2005), Business Development Analyst Fleet Division PT Astra Sedaya Finance (2002 – 2004), Account Officer Fleet Division PT Astra Sedaya Finance (2001 – 2002), dan Management Trainee PT Astra Sedaya Finance (2000).

Dewan Pengawas Syariah

IZZUDDIN EDI SISWANTO

IZZUDDIN EDI SISWANTO

KETUA DEWAN PENGAWAS SYARIAH (DPS)

Warga Negara Indonesia, lahir di Lamongan tanggal 16 Mei 1971. Saat ini berusia 47 tahun dan berdomisili di Jakarta. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Syariah di Univesitas Islam Madinah, Saudi Arabia (1995), pendidikan S2 Ekonomi Syariah di Universitas Kebangsaan Malaysia, Selangor Malaysia (1999), pendidikan S3 Ekonomi Syariah di Universitas Malaya, Kuala Lumpur Malaysia (2004), dan pendidikan S3 Ekonomi Syariah di Universitas Islam Negeri, Jakarta (2013). Menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas Syariah sejak 5 April 2018 berdasarkan KEP-25/NB.22/2018. Selain sebagai Ketua DPS, Beliau memiliki rangkap jabatan sebagai Dosen Tetap di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI sejak tahun 2004 hingga sekarang serta sebagai Dosen Luar Biasa di Universitas Paramadina Program Pasca Sarjana sejak tahun 2016 hingga sekarang. Perjalanan karir beliau antara lain Manager School Library and Resources Center SSU Management Services, Sdn. Bhd (1998-2002), Tutor Lecturer di UPM Selangor Malaysia (2000-2001), Research Assistant di UKM Malaysia (2002-2003), Consultant di Imbro Global, Sdn Bhd. Kuala Lumpur, Malaysia (2003-2004), Ketua Jurusan di STEI SEBI (2004-2007), Ketua Tim Ahli Investasi Syariah di Kemenpera RI (Proyek Masukan Teknis Aplikasi Wakaf Tunai dalam Pembiayaan Investasi Perumahan Swadaya) (April 2007-Oktober 2007), Ahli Kelembagaan di Kemenpera RI (Proyek Kajian Peluang Manfaat Dana Pensiun BUMN dalam Rangka Pembiayaan Perumahan) (Februari 2009-Agustus 2009), Dosen Tidak Tetap di STIU Yapidh Bekasi (2008-2013), Dosen Tidak Tetap – Universitas Padjajaran Bandung (2008-2014), Direktur di WAFAA International (2010-2015).

FIRMANSYAH

FIRMANSYAH

ANGGOTA DEWAN PENGAWAS SYARIAH (DPS)

Warga Negara Indonesia, lahir di Cirebon tanggal 13 April 1982. Saat ini berusia 36 tahun dan berdomisili di Bogor. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 Perbankan Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI, Depok (2007) dan meraih gelar Magister Bisnis & Keuangan Islam (MBKI) dari Universitas Paramadina, Jakarta (2012). Menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah sejak 5 April 2018 berdasarkan KEP-26/NB.22/2018. Selain memiliki jabatan sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah, beliau memiliki rangkap jabatan sebagai Dosen Tetap di STEI SEBI sejak tahun 2010 hingga sekarang, Peneliti di LPPM STEI SEBI sejak tahun 2012 hingga sekarang, Anggota Dewan Pengawas Syariah di Koperasi Syariah STEI SEBI sejak tahun 2013 hingga sekarang, dan Kepala Bagian/Manager di SEBI Social Fund STEI SEBI sejak tahun 2014 hingga sekarang.

Perjalanan Pool Advista Finance

Perusahaan didirikan dengan nama PT Indojasa Pratama Finance (“Peseroan”).

Modal setor di awal pendirian pada saat itu adalah Rp 12,5 M

Perseroan memasuki pasar modal dengan menerbitkan Obligasi Amortisasi I Indojasa Pratama sebesar Rp 40 Milliar dengan bunga tetap dengan Peringkat BBB+ dari PT Kasnic Credit Rating Indonesia

2004: pembukaan cabang-cabang di luar Jabodetabek, 
2006: Aset menjadi Rp 160 Milliar

Pembukaan cabang-cabang di wilayah Kalimantan

Pembukaan cabang-cabang di Sulawesi

Akhir kwartal 4 Tahun 2015, Pergantian pemegang saham dan pengurus serta peningkatan modal. Perubahan bisnis strategi  yang fokus pada pembiayaan produktif

01 September 2016 Pemegang saham PT Pool Advista Finance 99.9% dimiliki oleh PT Pool Advista Indonesia Tbk

25 Oktober 2017  perubahan nama dari Indojasa Pratama Finance menjadi PT. Pool Advista Finance.

Perusahaan melakukan corporate action dengan Go Public

Struktur Organisasi

 


 

Informasi Pemegang Saham

Jumlah Saham Jumlah Nominal
PT Pool Advista Indonesia, Tbk 76.08100% Rp 254.459.999.900
PT ASABRI 7.66100% Rp 256.228.000
Freddy Gunawan 0.00100% Rp 100
Masyarakat 16.25800% Rp 543.772.000
Jumlah 100% Rp 255.260.000.000

*Kepemilikan saham PT Pool Advista Indonesia, Tbk di Perseroan tanggal 01 September 2016 dengan mengakuisisi saham PT. Indojasa Utama dan Bapak Freddy Gunawan

Bisnis Kami

Pembiayaan Investasi

Pembiayaan Investasi

Suku Bunga 20%

Pembiayaan Modal Kerja

Pembiayaan Modal Kerja

Suku Bunga 20%

Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan Multiguna

Suku Bunga 20%

Pembiayaan Syariah

Pembiayaan Syariah

Margin 20%